Dinas KUKMPP Pelalawan sidak pasat untuk jaga stabilitas harga bapokmas, Senin 27 April 2020 di Pangkalan Kerinci.

Jaga Stabilitas Harga Pasca Ramadhan Dinas KUKMPP Pelalawan Sidak Pasar

Senin, 27 April 2020 - 17:27:16 WIB
Share Tweet Google +


PELALAWAN,CATATANRIAU.COM- Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Koperasi UKM dan Perindag Pasar melakukan sidak pasar di hari ke -4 bulan suci ramadhan 1441 H /2020 M. Adapun sasaran titik lokasi, tim melakukan pemantauan di Pasar Baru dan Grosir Mega Jaya Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau, Senin (27/04/2020).

 


Tim langsung di ketuai oleh Kadis Koperasi UKM dan Perindag Pasar H Fakhrizal, MSi. Adapun tujuan dilakukannya pemantauan ini adalah untuk memastikan apakah harga-harga barang pokok masyarakat (bapokmas) masih dalam kondisi stabil atau ada pergerakan kenaikan yang dapat merugikan masyarakat apalagi dalam kondisi wabah COVID-19 ini.

 


Fakhrizal mengatakan disela kegiatan pemantauan bahwa prediksi pedagang grosir dalam 2 minggu kedepan, harga gula akan semakin turun. Untuk bawang merah, memang mengalami kenaikan menjadi 50 ribu rupiah disebabkan berkurangkan import dari luar negeri karena wabah pandemi COVID-19, kemudian harga bawang putih turun dari 35 ribu menjadi 34 ribu. Sedangkan harga cabe bahkan lebih murah 23 ribu rupiah di bandingkan dari  pekanbaru seharga 24 ribu per kilogram. Sementara untuk harga daging sapi, tetap sebesar 120 ribu per kg. Harga telor perpapan sebesar 42 ribu, minyak goreng curah 12 ribu lalu harga ayam potong berkisar 18 s/d 19 ribu.

 


Mantan Kadiskominfo ini menambahkan apabila ada kenaikan harga  tim langsung mencoba mencari tau apa yang menjadi penyebabnya sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan atau mencari solusi dalam mengantisipasinya. Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, tim menemukan bahwa pada prinsipnya harga bapokmas di pasaran masih stabil dan tidak ada kenaikan yang signifikan.

 


Untuk harga gula pasir berkisar 18-19 ribu per kg, sedangkan harga di grosir berkisar 16,5 ribu per kg dan apabila dibeli dengan jumlah lebih banyak maka harganya semakin turun. 
Fakhrizal melanjutkan melalui Dinas Koperasi UKM dan Perindag  Pasar berharap kepada para pedagang dan menghimbau saat sidak untuk tetap menjaga kestabilan harga, tidak memanfaatkan situasi wabah covid-19 untuk menaikkan harga sepihak demi kepentingan pribadi, tidak melakukan penimbunan bapokmas sehingga merugikan masyarakat itu sendiri khususnya di kabupaten pelalawan.

 

 

Kepada masyarakat ia berpesan agar tetap tenang, tidak gaduh dan tidak cemas serta tidak cepat percaya dengan informasi yang belum jelas kebenarannya dan bersama sama kita berdoa semoga wabah pandemi ini cepat berlalu di negeri seiya sekata. Kita ambil hikmah di balik musibah ini. Mari kita perbanyak amal ibadah di bulan suci Ramadhan 1441 H ini.
Tampak juga anggota tim lainnya diantaranya  Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Perindag Mahnizar,M.Pd, Kabid Perdagangan Kastan, S.pd, serta staff Dinas Koperasi UKM dan Perindag Pasar  Solafidey,S.Kom dan Yusri. MC/EP




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex