Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI terlihat tengah memberikan arahannya

Pemcam Minas Gelar Rapat Kordinasi Program Penanggulangan Skema dampak Covid-19

Senin, 13 April 2020 - 22:07:51 WIB
Share Tweet Google +



SIAK - Sehubungan dengan banyaknya program Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan skema program penanggulangan dampak Covid-19 dari Pemerintah Pusat maupun Daerah, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Minas mengadakan pembahasan skema terhadap penanggulangan penyebaran Covid-19 tersebut berasama para pihak terkait dan seluruh Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Minas, Senin (13/04/2020) di gedung serbaguna Kecamatan Minas.

 

 

"Selain itu, kita juga membahas skema terhadap masyarakat yang terdampak akibat virus Corona, sebagaimana kita ketahui penyebaran virus Corona ini sangat masif sekali, oleh karena itu seluruhnya diminta untuk terlibat menangani wabah ini, mulai dari Pemerintahan Kampung hingga RT dan masyarakat itu sendiri," kata Camat Minas H Hendra Adi Nugraha kepada Wartawan seusai kegiatan itu berlangsung.

 


Dalam hal ini kata Camat Hendra, masing-masing Penghulu maupun Kepala Desa, mereka diminta untuk menyiapkan anggaran terhadap penanganan maupun pengadaan sarana seperti disinfektan, masker, dan lain sebagainya untuk penanggulangan pendemi Covid-19. Termasuk juga persiapan anggaran Bantuan Langsung Tunai ke Masyarakat.


"Kemudian di sini masing-masing Penghulu, mereka sudah membentuk satuan gugus tugas sehingga ada SOP dalam penanggulangan, baik itu terhadap ODP maupun terhadap PDP, sehingga dalam hal ini para Penghulu bekerjasama dengan Pustu beserta tiga pilar yang ada untuk saling melakukan koordinasi sesuai SOP yang ada," ujar Camat.

 

 

Disamping itu juga, lanjut Camat Hendra, Bupati Siak Drs H Alfedri telah mengadakan persiapan untuk segera diluncurkan aplikasi pemantauan ODP Covid-19, oleh karena itu pihaknya meminta para Penghulu untuk mendata secara detil ODP Covid-19 di masing-masing wilayah mereka.

 

"Kemudian mereka nanti akan memberikan Koordinat melalui handphonenya masing-masing, sehingga apabila nanti ODP itu keluar rumah maka dapat diketahui melalui aplikasi itu keberadaannya dimana, nah disitulah peran gugus tugas nantinya untuk mengingatkan mereka," ujarnya.

 

 

Dalam hal ini pihaknya pun berharap kiranya semua pihak dapat bekerja sama dan berpartisipasi, baik pihak keluarga ODP maupun ODP itu sendiri, dan bagi ODP agar kiranya menjalankan secara betul isolasi mandiri yang diterapkan selama 14 hari.

 


Sementara itu lanjutnya, untuk skema terhadap masyarakat yang terdampak, baik itu keluarga pasien maupun masyarakat lainnya, dalam hal ini Pemerintah sudah menyiapkan beberapa skema yang nantinya akan diberikan dalam penanggulangan bencana non alam Covid-19 ini.


Sebab, dalam penanggulangan Covid-19 ini Pemerintah Pusat juga memiliki program dari Kementerian Sosial melalui Beras Cadangan Pemerintah (Bulog) untuk ODP, PDP dan Positif, yang nantinya akan menerima bantuan beras, termasuk tetangga-tetangga disekelilingnya. Dengan Catatan apabila wilayah tsb masuk kategori zona merah.

 


"Tapi kita Alhamdulillah untuk Minas belum ada yang positif, dan mudah-mudahan tidak ada, jadi untuk sementara ini, bantuan ini akan diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu, namun kalau bantuan beras ODP juga diberikan," jelasnya.

 

 

Disamping itu, camat Hendra juga memaparkan, bahwa Dinas Sosial Kabupaten Siak, juga akan memprogramkan sembako murah, yang rencananya akan di launching pada tanggal 20 April 2020 mendatang, dengan target sasaran untuk keluarga yang tidak mampu.

 

Selain itu, pihaknya juga telah merencanakan program untuk kedepan, melalui dana APBKam, namun saat ini pihaknya tengah menunggu Juknis dari Bupati, dimana dalam hal ini Desa/Kampung memberikan alat pengaman bagi masyarakat dalam rangka penanggulangan Covid-19.

 

"Kemudian ada bantuan langsung tunai yang diberikan kepada masyarakat yang saat ini polanya sedang kita godog, apakah nantinya akan diberikan kepada khusus keluarga yang tidak mampu, atau seperti apa nantinya yang jelas ini adalah salah satu program dalam menanggulangi wabah Covid-19, dan dana ini nantinya diambil 25% dari masing-masing jumlah APBKam yang ada disetiap Kampung." Katanya.

 


Dalam hal ini lanjutnya, Bupati Siak H Alfedri juga telah mengumpulkan para donatur, baik itu berupa bantuan dari Bupati sendiri maupun para OPD yang ada dilingkup Pemkab Siak, berupa bantuan sembako terhadap setiap ODP tidak mampu di Kabupaten Siak.

 


"Hal ini sudah berjalan beberapa minggu yang lalu, dan sudah disalurkan, jadi disini kita diminta untuk mendata kembali bahwa setiap ODP diberikan sembako dalam rangka membantu ODP, agar tidak keluar dari rumahnya selama 14 Hari," ucapnya.

 

 

Camat Hendra menerangkan, bahwa dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Siak cukup banyak memprogram penanggulangan wabah Corona kepada masyarakat, dia juga meminta agar kiranya masyarakat ikut memantau perkembangan program yang tengah dan akan dijalankan terkait antisipasi penyebaran covid-19 tersebut.

 


"tentunya dengan ini kita berharap bisa berjalan dengan baik, kita juga memohon dukungan terhadap seluruh masyarakat, apabila nanti ada yang tidak tepat mohon untuk diberi masukan kepada kami, nantinya akan kita perbaiki, sebab kita tahu tidak ada yang sempurna di dunia ini, dan dalam teknis di lapangan tentunya bermacam-macam kendala yang kita hadapi tentu itu akan menjadi PR bersama untuk bisa kita selesaikan. Yang terpenting Berdoa Semoga Kita bisa bertahan dan dunia kembali normal" Pungkasnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex