Kades Ngaso Kecamatan Ujung Batu, Anggarkan DD/ADD Rp 149 juta Untuk Penanganan Covid-19

Kamis, 02 April 2020 - 18:03:15 WIB
Share Tweet Google +


ROKAN HULU - Kepala Desa Ngaso Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, Andessiata menyampaikan, bahwa dalam rangka mengimplementasikan surat edaran Gubernur Riau dan ditindak lanjuti dengan surat edaran (SE) Bupati Rokan Hulu dalam rangka penanganan dan pencegahan menyebarnya virus Corona atau yang biasa disebut covid-19.

 

 

Maka pemerintah Desa Ngaso hari ini Kamis (02/04/2020) mengadakan rapat dengan agenda, mengambil langkah cepat dan terukur yakni dengan membuat APBDES Perubahan, untuk mengantisipasi penyebaran covid-19.

 

 

Tampak hadir dalam rapat pembahasan APBDES Perubahan tersebut, adalah sebagai berikut unsur pemerintah desa yang terdiri dari anggota Badan Perwakilan Desa (BPD), tokoh adat, tokoh agama, LPMD dan utusan perempuan, Kadus, KPMD, LINMAS, RT/RW serta perwakilan Pemuda.

 

 

"Dalam rapat tersebut dapat disimpulkan berbagai kesimpulan yang dijadikan sebagai keputusan APBDES Perubahan," kata Kades.

 

 

Kepala Desa Ngaso Andessiata, juga menyampaikan bahwa dana yang diambil adalah  pos anggaran pembangunan balai desa untuk kemudian dipergunakan untuk Pencegahan virus corona yakni penyemprotan dari rumah ke rumah sedesa Ngaso dengan cairan  Disinfektan, kemudian pembelian masker buat masyarakat yang rentan dengan virus covid-19, serta pembelian alat semprot kepada setiap RT sedesa Ngaso.

 

 

Masih dengan Kades, bahwa anggaran tersebut juga digunakan untuk menyediakan tempat cuci tangan di rumah ibadah atau warung-warung dan sarana umum lainnya.

 

 

Tambahnya lagi, membuat dan memasang himbauan tentang bahaya corona dan antisipasi melalui baleho/benner. dan  penangan corona dengan membentuk satgas yang diketuai oleh BPD. dan beranggotakan sebanyak 86 anggota. membantu corban virus corona dan subsidi sembako apabila sewaktu waktu Desa di anggap masuk zona merah oleh pemerintah daerah, imbuhnya.

 

 

Lanjut Kades, bahwa, anggaran yang disediakan untuk penanganan itu semua sebanyak Rp.149 juta yang  bersumber dari DD /ADD sesuai intruksi Kementrian Desa dan Bupati Rokan Hulu agar Desa menyiapkan anggaran darurat bencana virus corona, tutupnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex