Kadis Kominfo Rohul Himbau Masyarakat Tetap Tenang, Jangan Percaya Dengan Informasi Yang Tak Jelas

Rabu, 01 April 2020 - 14:53:15 WIB
Share Tweet Google +


ROKAN HULU (catatanriau.com) - Dengan bayaknya pemberitaan tentang penyebarab virus Covid-19, sebagaian membuat masyarakat khususnya di pedesaan panik dan tidak nyaman, namun tak kalah hebohnya lagi ketika muncul cerita bahwa pabrik kelapa sawit dan karet akan tutup bahkan Bank juga tutup yang membuat warga masyarakat semakin resah dan panik.

 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Rohul, Drs Yusmar, M.Si saat di jumpai oleh pihak media wartawan, beliau  menyampaikan agar masyarakat untuk tidak mudah menerima pemberitaan atau informasi yang tidak jelas ditengah masyarakat (Hoax).

 

"Sementara Sampai saat ini, kita belum ada mendapatkan informasi yang resmi berkaitan dengan adanya penutupan Bank, Pabrik PKS atau lainnya. Karena ini berhubungan dengan usaha dan kepentingan orang banyak," ungkapnya. 

 

Lanjut Kadis, "biasanya kalaupun ada penutupan pasti di umumkan atau di beritahukan kepada seluruh masyarakat atau pemerintah dengan tenggang waktu tertentu, apakah 3 hari menjelang di tutup, 5 hari atau bahkan sampe seminggu. Jadi pasti ada jangka waktunya, bukan asal tutup aja," tambahnya.

 

Namun walaupun demikian alangkah baiknya kata dia, bisa langsung di konfermasikan ke Dinas terkait yakni dinas Perkebunan dan Peternakan, sementara kalau PKS langsung pada Direkturnya dan  Bank juga langsung ke Pimpinannya.

 

"Karena isu-isu seperti ini yang berkembang  di tengah masyarakat belum tau tingkat kebenarannya. Buktinya sampai hari ini PKS atau Bank tetap melayani dan buka," ujarnya.

 

Untuk itu Drs.Yusmar.M.si menghimbau kepada masyarakat suapaya jangan cepat menaggapi  seluruh informasi yang di terima ditengah masyarakat tanpa ada buktikan kebenarannya.

 

"Kita tetap berpedoman kepada apa yang di sampaikan oleh pemerintah baik pusat, Provinsi maupun Daerah, serta petugas kesehatan yang resmi, kalau informasi itu berkembangnya hanya melalui mulut ke mulut, bukan kita membantah kebenarannya, namun kita juga harus tau dengan dasar bukti yang akurat, agar kita dan masyarakat tidak panik dan gelisah sampai susah dengan informasi yang di sebarkan," terang Kadis Kominfo Rohul Drs.Yusmar,.Msi, Selasa (31/03/2020).

 

"Jadi tentang Tutupnya pabrik karet dan kelapa sawit di Rohul sejauh ini belum ada kita peroleh informasi, kalau pun terjadi pastilah diambil langkah selanjutnya oleh pemerintah, karena ini menyangkut  kehidupan dengan mata pencarian masyarakat banyak,” jelas Drs. Yusmar.M.si. Kadis Kominfo Kabupaten Rokan Hulu.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex