Penambahan 1 Orang Warga Duri, Kasus Positif Covid 19 di Riau Bertambah Total 3 Orang

Selasa, 31 Maret 2020 - 05:45:39 WIB
Share Tweet Google +



 PEKANBARU  - Senin (30/3/2020), kasus positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Riau bertambah 1 lagi. Total positif Corona menjadi 3 orang, namun 1 diantaranya yakni pasien positif pertama atau pasien 01 telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan, Ahad (29/3/2020).

 

"Informasi pada hari Senin (30/3) di Provinsi Riau terdapat penambahan 1 kasus positif sehingga total di Provinsi Riau terdapat 3 kasus positif. 2 dirawat dan 1 sudah dipulangkan," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Virus Corona Riau, dr Indra Yovi, Senin (30/3/2020).

 

Ia mengatakan penambahan 1 kasus positif covid-19 di Riau adalah pasien AA (54) yang merupakan warga Duri, Kecamatan Mandau, Bengkalis.

 

"Saat ini pasien sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru," ucapnya.

 

Disampaikan oleh dr. Yovi, dengan penambahan kasus positif ini, Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak dari pasien AA (54).

 

"Dalam melakukan tracing ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dan Polda Riau. Selain itu, kami juga sudah mengisolasi keluarga yang tinggal serumah dengan pasien AA (54)," jelasnya.

 

Lebih lanjut, dr Yopi, mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik serta melakukan pembatasan fisik (physical distancing).

 

"Tetap di rumah dan hindari keramaian, kemudian rutin mencuci tangan dengan sabun. Selanjutnya jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin dan konsumsi vitamin yang cukup," jelasnya.

 

dr Yopi juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya. Selain dilarang UU nomor 44 Tahun 2009 Pasal 32 mengenai hak pasien, hal tersebut juga dapat memberikan tekanan psikologis terhadap pasien dan tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut karena dapat menurunkan imunnya.

 

"Tetap berdoa, Insya Allah kita akan melewati semua ini. Semoga kita tetap sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya," tukasnya.

 

Hingga saat ini ada 105 PDP (74 masih dirawat, 30 sehat dan dipulangkan, dan 1 meninggal dunia) dan 10.678 ODP (102 diantaranya sudah selesai pemantauan).  (Mcr)


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex