Via Video Conference, Bupati Siak Laporkan Penanganan Wabah Covid 19 Ke-Gubri

Senin, 23 Maret 2020 - 17:21:23 WIB
Share Tweet Google +



SIAK -  Bupati Siak H Alfedri didampingi pimpinan Forkopimda Kabupaten Siak melaporkan sejumlah langkah penanganan merebaknya penyebaran Wabah Covid 19 atau Virus Corona di Kabupaten Siak melalui video conference kepada Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, dari Ruang Command Center Siak Live Room, yang berada di Ruang Bandar Serai Kantor Sekretariat Daerah. 

 


"Hari ini kita melakukan Video Confrence dengan Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Riau guna melaporkan sejumlah langkah antisipasi penyebaran Virus Corona di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Siak," kata Alfedri usai Video Confrence di Siak Sri Indrapura Senin pagi (23/3/20).

 


Dalam kesempatan itu Bupati Alfedri menyampaikan sejumlah langkah yang telah dilakukan Pemkab Siak dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Diantaranya melalui OPD terkait membuat himbauan bagi ASN untuk bekerja dirumah. Namun jika bertugas dibidang pelayanan ASN tersebut diminta untuk mengatur jarak dalam bekerja, seperti ASN yang bekerja di Kantor Pelayanan dan Perizinan terpadu, Dinas Kependudukan dan Pelayanan Paten di masing-masing Kecamatan.

 


"Kita juga sudah membentuk Gugus tugas yang akan bekerja sesuai protokol kesehatan dan komunikasi yang diatur serta melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah rumah ibadah dan tempat wisata beberapa waktu lalu," ungkap Alfedri.

 


Terkait usaha mengantisipasi penyebaran Virus Corona dari pelabuhan penumpang dan barang di Tanjung Buton dan Mengkapan, pihaknya juga sudah menyiapkan petugas kesehatan pelabuhan untuk mengecek suhu badan setiap penumpang.

 


"Di pelabuhan Tanjung Buton kita sudah melakukan kerjasama antara Dinas Perhubungan dan KSOP. Setiap orang yang masuk kita wajibkan untuk di periksa suhu badan nya. Sementara untuk pelabuhan barang juga akan dilakukan pengcekan kesehatannya, melalui petugas kesehatan pelabuhan dan KP3,"terangnya.

 


Melalui sambungan Video Confrence
Bupati Siak Alfedri juga menyampaikan kesiapan Pemkab Siak terhadap ketersediaan pangan untuk dua bulan kedepan. Ditambah dengan kesiapan RS Tengku Arfi'an sebagai RS rujukan yang saat ini terus melengkapi fasilitas Rumah Sakit. 

 


Pada kesempata itu juga Bupati Alfedri meneruskan pesan Gubernur Riau, untuk menghimbau seluruh perusahaan yang ada di kabupaten Siak agar mengawasi seluruh para pekerjanya dan berkoordinasi kepada Pemda jika di temukan pekerjanya yang mengalami gejala yang mirip dengan Covid 19.


"Kita minta ke pada prusahaan yang ada di Kabupaten Siak, baik yang memperkerjakan WNA (Warga Negara Asing) atau WNI agar mengawasi pekerjanya, dan melakukan langkah protokol kesehatan,"tandasnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex