Terlihat tanaman kelapa sawit beserta dinding rumah warga disinyalir dirusak oleh Gajah Liar (Sumber Poto : Postingan Akun FB Fariyus Halawa)

Gajah Liar Masuk Permukiman Warga Minas, Rumah dan Tanaman Warga Dirusak!

Sabtu, 29 Februari 2020 - 13:50:33 WIB
Share Tweet Google +


SIAK - Diperkirakan sebanyak 5 ekor Gajah liar masuk kepermukaan warga Kelurahan Minas Jaya, tidak hanya merusak tanaman kelapa sawit milik warga, Gajah-gajah itu juga merusak dinding rumah warga, tepatnya di wilayah Jalan Yos Sudarso KM 27, RT 005 RW 001, Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau. Atau tepatnya dibelakang Rumah Makan Katik didepan simpang SMP N 3 Minas. Sabtu (29/02/2020) sekira pukul 03:00 WIB dinihari tadi.

 

Menurut informasi dari warga Gajah-gajah itu sudah sejak sepekan belakangan ini selalu menghampiri permukiman warga di daerah tersebut, hal ini pertama kali di informasikan oleh akun Facebook bernama 'Feriyus Halawa', dia membuat postingan di Grup FB 'Info Warga Minas Now' dia menuliskan keluhan tentang keberadaan Gajah liar yang selalu menghampiri permukiman warga tersebut.

 

"Bagaimana Mengatasi Gajah Yg Terus Keliaran dimalam hari khususnya, ini sudah yg kesekian kali Gajah Masuk kelahan sawit dan merusak tanaman yg ada. Dan malam tadi ini yg terparah, lokasi kebun warga dimeranti belakang Rumah Makan Katik, Arah kebelakang kantor camat minas. Semoga tidak terjadi lebih luas ke area lahan warga lain. Trmksh." 

Tulis akun FB Feriyus Halawa sembari melampirkan photo-photo kerusakan baik terhadap tanaman maupun dinding rumah warga yang disebabkan oleh Gajah liar itu.

 

Selain itu di kolom komentar Feriyus Halawa dia juga menuliskan harapannya agar kiranya Dinas terkait sesegera mungkin melakukan tindakan atas keluhan yang disampaikannya itu.


"Jikalau dalam group ini ada dinas terkait atau rekan2 yg ada kerabat mungkin bisa disampaikan. Observasi Hewan2 yg dilindungi ini bukannya ada pagar/pembatas agar hewan2 ini tidak masuk area warga ya? Baiknya Bpk/Ibu dari kecamatan, kelurahan,rw, rt, dan dinas kehutanan setempat bisa meninjau bersama kembali pagar/batas areal hewan2 ini.  Kemungkinan Efek Yg Akan Terjadi Jika Terus dibiarkan: 
1. Tanaman Warga Habis Rusak
2. Warga Setempat Bisa Jadi Korban Jiwa
3. Gajah/Hewan Tersebut Bisa Jadi Korban Pihak2 Yg Tidak Bertanggungjawab. Semoga ada solusi yg lebih baik kedepannya untuk kenyamanan warga minas khususnya Kel.Minas Jaya." 

Tulisnya di kolom komentar postingan tersebut.

 


Awak media ini pun mencoba melakukan konfirmasi terhadap akun tersebut dengan menanyakan kapan kejadiannya dan berapa perkiraan Gajah liar yang masuk ke permukiman warga tersebut, Feriyus Halawa diapun menuliskan bahwa diperkirakan Gajah itu berjumlah 5 ekor beserta 1 ekor Beruang.

 


"Untuk foto2 ini Tadi pagi sekitar jam 3 subuh, rumah bagian dapur, pintu gudang, kira" 5 ekor. Selama seminggu ini tukang kebun berjaga terus karna sering datang hampir tiap malam gajahnya. Selain Gajah Ada 1 Ekor Beruang juga yg sering datang keareal ini. Untuk Tanah dan Rumah Bukan Milik Saya, kebetulan saja yg mengurus lahan ini saudara saya. Untuk Estimasi kerugian kurang tahu pasti, tapi cukup besar karena sudah lama Gajah terus datang." 

Tulisnya menjawab pertanyaan Wartawan.


Hingga berita ini diterbitkan Wartawan Media ini masih mencoba melakukan konfirmasi terhadap tim BKSDA Provinsi Riau maupun terhadap tim Konservasi Pelatihan Gajah Minas.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex