Kondisi jalan raya di wilayah Kecamatan Kandis terlihat penuh dengan ceceran tanah yang terjatuh dari mobil pengangkut tanah milik PT HKI sebagai perusahaan pelaksana proyek Tol Pekdum

Kandis Terpapar Polusi Udara Karena Proyek Jalan Tol, PT HKI Memilih Bungkam

Jumat, 21 Februari 2020 - 10:46:33 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK - Dampak negatif akan adanya proyek jalan tol kembali mengemuka dan menjadi buah bibir akan Masyarakat luas Kecamatan Kandis ,Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Dimana Masyarakat Kecamatan Kandis khususnya Warga Kelurahan Kandis Kota harus merasakan abu beterbangan yang bersumber dari tanah kuning, yang terjatuh maupun tercecer dari angkutan unit kendaraan pengangkut tanah timbun pelaksana proyek jalan tol Pekanbaru Dumai (Pekdum). Hal ini pertama kali dikemukakan oleh warga melalui postingan di media sosial Facebook pada Rabu, (19/02/2020).

 

 


"Siapalah pihak yang diuntungkan dengan banyaknya abu di jalan raya Kandis ini. Yang bertanggung jawab sudah jelas tidak ada," cuit akun FB bernama Poedan Marpaung.

 

 

Warga lainnya melalui akun media Facebook juga sampaikan keluhan senada, sebagaimana yang ditulis oleh pemilik akun Dewi Hutagaol Naikofi.

 

 


"Disini abu juga banyak di akibatkan tanah yang jatuh dari mobil pembawa tanah timbun. Pemerintah seolah-olah tutup mata dengan keadaan ini. Padahal ini sangat mengganggu masyarakat dalam berkendara sehingga mengganggu jarak pandang kita dalam berkendara," tulisnya pada Kamis, (20/02/2020).

 

 

 

Dengan adanya tanah kuning yang berserakan di jalan raya tentunya sangat menganggu para pengemudi kendaraan terkhusus pengemudi sepeda motor. Hal ini juga ditegaskan dengan pernyataan warga lainnya melalui akun Facebook dengan nada pemberitahuan kepada para pengendara untuk lebih berhati-hati.

 


"Hati-hati yang melintasi KM. 82  karna jalan sangat licin, apalagi saat jalan disiram berjalan ditanah kuning, sudah ada yg terjatuh," tulis pemilik akun Cevi Trisusiani itu.

 

 

 

Menyikapi akan keluhan warga, Orang nomor satu di Kecamatan Kandis saat dikonfirmasi segera merespon dengan baik. Camat Kandis itu berjanji akan segera berkoordinasi dengan pihak PT HKI.

 


"Terimakasih atas infonya, selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan pihak HKI karena tentunya mereka mengetahui apakah atas tanah yang berserakan disepanjang jalan raya kandis ini adalah tanggung jawab siapa, apakah PT HKI sendiri atau pihak subkontraktor nya. Bila ada perkembangan informasi, nanti akan kami kabari," ungkap Camat Kandis, Said Irwan SE. Saad dikonfirmasi oleh Wartawan.

 

 

Pihak HKI sendiri melalui Pak Bambang selaku Kepala Pelaksana proyek jalan tol hingga berita ini ditayangkan masih memilih bungkam saat ditanya akan tanggapan terkait keluhan warga, walau chatingan yang dikirimkan melalui nomor WhatsApp pribadinya di nomor 08127088xxxx sudah dibaca dengan bertanda centang dua berwana biru.(*)


Laporan : Puji Efendi Saragih

 

Editor.    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex