Dua OPD di Kabupaten Siak Naik Peringkat, Berikut Info Lengkapnya...

Kamis, 07 November 2019 - 19:39:17 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan hasil evaluasi pelayanan publik wilayah I di Hotel Aston Batam, Kamis (7/11/2019). 

 

 

Untuk Kabupaten Siak beberapa OPD mendapatkan penghargaan penyelenggaraan pelayanan publik yakni diantaranya Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak, RSUD Tengku Rafian Siak, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Dua diantaranya yakni DPMPTSP dan RSUD Tengku Rafian Siak naik peringkat menjadi Prediket A- dan RSUD Tengku Rafian Siak dengan Prediket B.

 

 

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menerangkan instrumen yang digunakan untuk evaluasi mengacu pada Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Dalam peraturan itu, ada enam aspek yang dinilai, yakni profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

 

 

Dari hasil evaluasi tersebut, Tjahjo memberikan beberapa hal yang perlu dicatat. Diantaranya adalah keterlibatan masyarakat dalam perumusan kebijakan khususnya penyusunan standar pelayanan. Kemudian, unit pelayanan juga harus mengelola pengaduan untuk perbaikan kualitas pelayanan publik dan pendokumentasian kegiatan yang dilakukan. “Unit juga harus melaksanaan survei kepuasan masyarakat dan menindaklanjuti survei,” ulasnya.

 

 

Tjahjo juga mengajak Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota untuk terus meningkatkan pelayanan publik serta menciptakan inovasi pelayanan publik yang memudahkan masyarakat. “Saya ucapkan selamat kepada Kepala Daerah yang konsisten dan komitmen meningkatkan pelayanan publik melalui OPD-nya, ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan,” pungkasnya.

 

 

Dalam kesempatan Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Lingkup Wilayah I Tahun 2019, untuk Kabupaten Siak diterima oleh Sekda Kabupaten Siak T.S. Hamzah. Pada kesempatan itu, T.S Hamzah mengatakan, masih banyak pekerjaan yang harus terus ditingkatkan terlebih terhadap pelayanan publik dilingkungan Pemkab Siak.

 

 

“Kita bangga pelayanan publik di Siak ini terus meningkat, namun kita tidak ingin cepat puas. Apalagi memaksimalkan pelayanan publik itu sudah menjadi kewajiban dan keharusan untuk meningkatkan, mengedepankan dan memudahkan pelayanan dan akses masyarakat khususnya diKabupaten Siak,” tegasnya.

 

 

Lanjutnya, saat ini Pemkab Siak selalu menggiatkan inovasi pelayanan publik di masing-masing OPD yang diharapkan dapat semakin memudahkan masyarakat di Siak.“Terlebih saat ini perkembangan informasi dan teknologi kian masif, tentu kita harus mengikutinya. Pelayanan publik di Siak juga harus demikian, agar kebutuhan masyarakat dapat diimbangi,” jelasnya.

 

 

Dalam kesempatan menghadiri Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Lingkup Wilayah I Tahun 2019, Sekda T.S Hamzah turut didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak  Heriyanto, Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Siak Zulfikri, Direktur RSUD Tengku Rafian Siak dr. Benny Chairuddin. (viky/Humas-Protokol Kab.Siak).


Editor : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex