Tampak Ratusan Siswa-siswi SDN 03 Minas Barat mereka tengah mengadakan kegiatan pesta siaga dan lomba karnaval.

Perdana Untuk Kwarran Minas, SDN 03 Gelar Pesta Siaga Pramuka Sangat Meriah

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 13:00:52 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM- Ratusan Siswa-siswi yang ada di Sekolah Dasar Negri 03 Minas, pangkalan 03 Minas Barat, Gugus Depan (Gudep) 03-05/06. Mereka menggelar kegiatan pesta siaga dalam memperingati hari kemerdekaan republik indonesia yang ke-74, tahun 2019. Kegiatan itupun tampak di selenggarakan di halaman sekolah SDN 03 Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten, Siak, Riau. Sabtu (31/08/19) pagi.

 

 

Dalam giat pesta siaga itu beragam kegiatan pun tampak di gelar, mulai dari perlombaan karnaval, bazar, pentas seni, hingga lomba memasak dan lomba kebersihan ruang kelas belajar, adapun untuk penggalang diadakan lomba Pentas seni, Bazar, Lomba yel yel hingga PPB.

 

 

Tampak ikut dalam giat itu selaku tim penilai, Wakamabiran Minas Drs Edi Azman Mpd, Ketua Kwarran Minas Mukhtasar, Babinsa Minas Barat Sertu Indra, hingga sejumlah majelis guru dan Ketua komite di sekolah itu Ridwan.

 

 

Kepala Sekloah SDN 03 Minas Barat Erlisda. SPd, dia mengatakan kegiatan itu digelar dengan harapan agar anak-anak di sekolah itu dapat berkarya, dan bisa mandiri, dengan segala bentuk pelajaran bernilai positif yang mereka dapat dari giat itu, "tentunya juga di harapkan anak-anak itu bisa menerapkan apa yang di dapatkannya dalam kegiatan ini untuk kehidupan sehari-hari mereka," Kata Erlisda.

 

 

Giat ini kata dia, perdana di lakuan di kecamatan Minas dan yang mengadakan masih SDN 03 Minas Barat saja, adapun dalam lomba karnaval kata dia para Siswa-siswi dikenakan pakaian adat dari 20 Provinsi yang ada di Indonesia, seperti Jawa, Kepri, Riau, Sumbar, Sumut, Kalimantan, dan lain sebagainya.

 

 

Namun uniknya pakaian adat yang di kenakan para Siswa-siswi itu bukan berupa pakaian asli yang terbuat dari bahan kain, melainkan pakaian yang di buat dari berbagai macam bahan bekas, seperti kardus, goni, koran, botol minuman bekas dan lain sebagainya.

 

 

Dalam kesempatan itu pula, Wakamabiran pramuka kecamatan Minas, Drs Edi Azman Mpd, Kepada wartawan dia mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pihak SDN 03 Minas Barat, sebab kata dia pihak sekolah itu telah mampu mengadakan giat itu sebagai percontohan untuk Sekolah Dasar lainnya di wilayah tersebut.

 

 

"Kita tentunya sangat mengapresiasi giat yang hanya di adakan oleh SDN 03 Minas ini, sebab mereka telah berani membuat acara ini dengan cukup baik, dan cukup meriah, Kita juga salut atas kerjasama yang di lakukan oleh pihak sekolah, komite, beserta para orang tua murid, yang mana mereka cukup solit sehingga giat ini dapat berjalan dengan baik," Ucap Edi Azman.

 

 

Dalam hal ini dia juga berpesan agar kiranya kegiatan itu dapat di pertahankan dan menjadi kegiatan rutin tahunan di sekolah itu. "Jika perlu ditingkatkan lagi, dalam bentuk berbagai macam kegiatannya, sebab dalam pesta siaga juga boleh di adakan kemah walaupun hanya setengah hari, kita lihat disini belum ada kemah, sehingga kegiatan ini dapat bernilai lebih lah." Ujar dia.

 

 

Edi Azman juga menghimbau kepada sekolah-sekolah Dasar (SD) lainnya yang ada di Kecamatan Minas agar kiranya dapat mengikuti kegiatan serupa itu di sekolah mereka masing-masing. "Semoga bisa di ikuti atau bisa di tiru oleh SD-SD yang lain, karena giat ini sangat bagus untuk di kembangkan." Ringkasnya.

 

 

Adapun Sertu Indra, yang merupakan Babinsa Minas Barat dia tampak ikut dalam giat itu sebagai tim penilai perlombaan, perwakilan dari Upika Minas, diapun mengatakan bahwa pihaknya juga sangat mengapresiasi kegiatan yang perdana di adakan di tingkat Sekolah Dasar di kecamatan Minas tersebut.

 

 

"Kami dari pihak Upika mengapresiasi pelaksanaan ini, sebab kita lihat guru-guru dan komite sekolah di sini cukup kreatif, kita berharap giat ini dapat ditingkatkan untuk kedepan, dan kordinasi lebih bagus lagi terhadap babinsa maupun Bhabinkamtibmasnya, sehingga kegiatan pelatihan di siplin maupun PBB-nya sesuai dengan apa yang diharapkan untuk kedepan." Pungkasnya.(*)


Laporan : Idris Harahap

 

Editor.    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex