Tampak warga RK 09 Perawang barat tengah melakuakn hiburan rakyat berupa lomba makan kerupuk digantung

Warga RK 09 Perawang Barat Siak, Gelar Pesta Hiburan Rakyat Sempena HUT RI 74

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 19:11:47 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK, CATATANRIAU.COM- Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada hari ini Sabtu (17/08/19), diperingati di seluruh Indonesia. Seperti biasa, beragam pesta rakyat dilakukan sebagai wujud rasa syukur telah bebas dari penjajahan.

 

 

Seperti halnya yang dilakukan di RT.03 dan 04 lingkup RK 09 Kampung Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. Sabtu (17/8/2019) selepas digelar upacara pengibaran bendera pusaka dikecamatan itu. Beragam rangkaian kegiatan pesta rakyat pun tampak diselenggarakan, mulai dari perlombaan untuk anak-anak, hingga perlombaan untuk orang dewasa serta kegiatan lainnya. Kegiatan itu juga tampak dimeriahkan dengan adanya orgen tunggal (Kibot). Hal ini dilakukan sebagai bentuk kebersamaan serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan meski berbeda suku, ras, maupun agama. 

 

 

Ucok Erwin salah seorang tokoh masyarakat yang juga merupakan mantan Ketua RK.09 Kampung Perawang Barat, saat menyaksikan perlombaan yang diselenggarakan warga RT.03 dengan RT.04, mengatakan, kegiatan ini rutin diselenggaran setiap tahunnya.

 

 


"Kita selalu berpartisipasi memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan beragam kegiatan bersifat pesta rakyat, dan selalu digelar dengan dadakan, artinya tanpa perencanaan jauh-jauh hari," ujarnya, kepada Wartawan dilokasi pesta rakyat itu digelar, tepatnya di Jalan Sultan Alimuddin Syah atau di depan perawang Futsal.

 

 


Tujuan kegiatan ini, lanjutnya, juga untuk semakin mempererat tali silaturahmi sesama warga dilingkungan tersebut. "Kita mengetahui, setiap harinya warga disibukkan dengan kegiatan masing-masing, sehingga jarang bisa berkumpul. Nah, Hari Kemerdekaan ini menjadi satu momen agar bisa sama-sama berjumpa dan mempererat tali silaturahmi, serta saling mengenal antara satu warga dengan warga lainnya," jelasnya.

 


Dilanjutkan Ucok Erwin, untuk di kawasan RK.09 sendiri terdapat enam lokasi kegiatan. Yakni mulai dari RT.01 hingga RT.07, hanya saja kata dia untuk RT.03 dan 04 kegiatan digabung menjadi satu sehingga bisa mengadakan hiburan berupa orgen tunggal dan perlombaan lainnya, adapun hadiah utama yang disiapkan oleh panitia dalam lomba panjat pinang berupa sebuah helem cantik dan sejumlah uang tunai didalam amplop.

 


"Selama ini kalau di rencanakan untuk mengadakan kegiatan seperti ini sering terjadi kendala, maka setelah di adakan musyawarah bersama RT 03, Bapak Suyardi dan RT 04 Bapak Aidil Fitri beserta tokoh masyarakat dan pemuda di  dua RT tersebut maka terlaksanalah Acara menyabut hari kemerdekaan republik Indonesia ini dengan hiburan pesta rakyat berupa orgen tunggal dan berbagai macam perlombaan." Pungkasnya.(*)


Laporan : Idris Harahap

 

Editor.     : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex