Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos dan tim saat meninjau kanal bloking di wilayah kampung Rantau Bertuah

Antisipasi Karhutla, Kapolsek Minas Tinjau Kanal bloking Di Kampung Rantau Bertuah

Jumat, 02 Agustus 2019 - 14:47:23 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM- Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos beserta personil dari TNI (Babinsa) Polri, yang juga didampingi oleh penghulu kampung Rantau Bertuah Darbi SAg, beserta Pihak Perusahan PT Arara Abadi dan Ketua Masyarakat Peduli Api (MPA) Kampung Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau. Mereka meninjau langsung beberapa titik daerah rawan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) di wilayah areal petak 125 PT Arara Abadi distrik tapung yang ada di kampung itu. Jumat (02/08/19).

 

 

 

Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK, Melalui Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos dia mengatakan, bahwa kunjungan ini untuk melihat langsung dan memastikan kondisi embung, kanal blocking, yang ada di wilayah kampung itu. "Hari ini kita melakukan giat pengecekan kanal bloking yang telah ada  khususnya di wilayah Rantau Bertuah ini, kita melihat ketersediaan Airnya seperti apa, guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan," ujar Kapolsek.

 

 


Lanjut dia, pengecekan ini pun dilakukan dikarenakan cuaca saat ini memang sangat cukup panas, bahkan udaranya pun sudah tampak bercampur dengan Asap. "Nantinya kita akan minta pihak perusahan Arara Abadi untuk membantu kita memperbaiki kanal bloking ini dengan menggunakan Alat berat, kita sengaja membuat kanal di lokasi ini karena Air di kanal ini tidak pernah kering, Airnya selalu mengalir, makanya kita bendung untuk menghalau Air nya Agar jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran lahan kita sudah mudah untuk mendapatkan sumber Air terlebih di musim kemarau seperti saat ini," Ucapnya.

 

 

 

Dijelaskan Kapolsek, bahwa giat ini rutin di lakukan oleh pihaknya, bekerjasama dengan pemerintah setempat maupun perusahaan yang berlokasikan tepat di titik rawan kebakaran diseluruh wilayah kecamatan Minas. "kita lakukan peninjauan disetiap kampung yang telah kita bangun kanal bloking ini,  untuk di wilayah kampung rantau bertuah ini sendiri ada sebanyak tiga tempat kanal bloking yang telah kita buat." Terangnya.

 

 


Sementara itu, Penghulu Kampung Rantau Bertuah Darbi SAg, kepada Wartawan dia mengatakan, bahwa Kanal bloking tersebut sama-sama di bangun bersama pihak kepolisian dari Polsek Minas dan juga TNI dari Koramil Minas, yang kata dia bertujuan untuk penampungan cadangan Air ketika terjadi Karlahut. Dalam hal ini pihaknya juga tidak bosan-bosannya menghimbau kepada masyarakat di kampung itu agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar.

 

 


"Untuk wilayah kampung kita Alhamdulillah sampai hari ini belum ada kebakaran lahan, dan tentu kita berharap hal itu jangan sampai terjadi khususnya di kampung kita ini, kita juga menghimbau kepada Masyarakat tentunya agar tidak membersihkan lahan dengan cara membakar, guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan." Pungkasnya.(*)


Laporan : Idris Harahap

Editor.    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex