Jajaran Polres Siak poto bersama dengan Tim Puslitbang Polri di Mapolres Siak

Supervisi Puslitbang Polri Kunjungi Mapolres Siak Revitalasi Bhabinkamtibmas Dalam Pembangunan Desa

Rabu, 24 Juli 2019 - 18:48:10 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK, CATATANRIAU.COM- Tim Supervisi Puslitbang Polri berkunjung ke Mapolres Siak dalam rangka penelitian revitalisasi Bhabinkamtibmas dalam pembinaan dan pelaksanaan pembangunan desa di wilayah hukum Polda Riau Rabu (24/7/2019) pagi.

 

 

Tim Puslitbang Polri ini dipimpin langsung oleh AKBP Harvin Raslin SH bersama anggota tim Dr Yopik Gani SIP MSi, AKBP Galih Indragiri SIK dan Penda I Pamo. Turut mendampingi dari Dit Binmas Polda Riau Kompol Dedi Suryadi dan AKP Nardi Marbun.

 

 

Selanjutnya kedatangan Tim Puslitbang Polri ini disambut langsung oleh Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK, di dampingi Waka Polres Siak beserta Kapolsek jajaran Polres Siak.

 

Kemudian Tim Puslitbang Polri didampingi Kapolres Siak melakukan pertemuan dengan Pejabat Utama Polres Siak, Para Kapolsek serta anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Siak lantai 2 Aula Tribrata Polres Siak.

 

 

Dalam sambutannya, Kapolres Siak menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Puslitbang Polri di Mapolres Siak. "Mohon bimbingan dan arahan dari Tim Puslitbang Polri kepada anggota sekalian, terutama tentang peran Bhabinkamtibmas dalam pembangunan desa," sebut AKBP Ahmad David SIK, Rabu (24/7/2019).

 

 

 

Tentang kondisi wilayah Kabupaten Siak dengan 14 Kecamatan dan 131 desa dengan jumlah Bhabinkamtibmas sebanyak 83 personel, kata Ahmad David, sehingga saat ini belum dapat tercapai satu Bhabinkamtibmas untuk satu desa.

 

 

Dimana kegiatan penelitian ini tidak sama dengan supervisi maupun Wasrik, sebut Harvin Raslin, karena kita akan mencari fakta dilapangan, sesuai kondisi yang sebenarnya tentang peran Bhabinkamtibmas dalam pembangunan desa.

 

 

Selanjutnya, dalam penelitian ini, kata Havin lagi, Tim Puslitbang Polri akan membagikan questioner kepada responden antara lain perangkat desa dan tokoh masyarakat. "Hal ini dilakukan untuk dapat mengetahui sejauh mana peran Bhabinkamtibmas berkontribusi dalam pembangunan desa," jelas AKBP Harvin Raslin SH, Rabu (24/7/2019) pagi.

 

 

Sementara itu, dalam orientasi pembangunan pada pemerintahan saat ini, kata anggota tim dr Yopik Gani SIP MSi, adalah membangun desa yang bertujuan untuk mengurangi migrasi penduduk dari desa ke kota. Dan berhasil tidaknya program ini terkait dengan peran kepolisian khususnya Bhabinkamtibmas.

 

 

Lebih lanjut disampaikan bahwa program ini juga berimplementasi dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

 

 

Kemudian AKBP Galih Indragiri SIK selanjutnya memberikan penjelasan tentang Lembaga Puslitbang Polri yang merupakan unsur pendukung dan berada langsung dibawah Kapolri. 

 

 

Dan bertugas menyelenggarakan fungsi perencanaan dan penyusunan program penelitian, pengkajian dan pengembangan serta melaksanakan kerjasama dengan unsur pelaksana Litbang dilingkungan Polri maupun institusi dan lembaga.

 

 

Selanjutnya tim didampingi Kabag Ren Kompol Luntung Simatupang melakukan kunjungan ke wilkum Polsek Siak diarahkan ke desa rumbung baru dan Polsek Koto Gasib dan menujun Kampung Tasik Seminai dengan agenda melakukan observasi lapangan di desa yang dituju, Rabu (24/7/2019) sekira pukul 14.00 WIB.(*/r)


Laporan : Idris Harahap

Editor.    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex