Bupati Siak saat menyerahkan santunan kepada anak Yatim dalam giat safari Ramadhan di kerinci kanan

Kerinci Kanan Targetkan Peningkatan Perolehan Dana Zakat

Rabu, 15 Mei 2019 - 15:11:28 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM- Tim Safari Ramadhan yang dipimpin Bupati Siak memasuki hari kedua pelaksanaan yang dipusatkan di Masjid Nurul Huda Kampung Jati Mulya Kecamatan Kerinci Kanan, Selasa Malam (14/05/19).

 

Dalam rangkaian kegiatan Pemerintah Kabupaten Siak menyerahkan santunan kepada 135 anak yatim piatu, bantuan sajadah dan Alqur'an untuk masjid, dan sejumlah paket sembako murah dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, serta menyerahkan Sertifikat Wakaf dari Badan Pertanahan Kabupaten Siak.

 

Bupati Siak Alfedri menjelaskan maksud dilaksanakannya kegiatan Safari Ramadhan  untuk mempererat silaturahmi antara jajaran Pemerintah Daerah dengan masyarakat, selain itu juga untuk mengevaluasi kemajuan berbagai program pembangunan yang berjalan di di kampung-kampung.

 

Kesempatan itu dimanfaatkan Alfedri untuk menjelaskan kepada masyarakat, terkait program prioritas pembangunan pemerintah daerah dibidang pendidikan sesuai dengan arahan presiden, Pemkab Siak telah berupaya memberikan pelayanan dibidang pendidikan terbaik khususnya kepada anak-anak.

 

Pemerintah Kabupaten Siak tahun 2019 ini kata pemimpin Negeri Istana itu, berencana mengirim 100 pelajar berprestasi dalam dua tahap untuk belajar ke Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia di Bogor-Jawa Barat. Calon mahasiswa sebelumnya akan menjalani karantina dan seleksi oleh pihak kampus yang terbagi dalam dua program yaitu S1 dan D3 dengan konsentrasi studi Islamic Mikro Finance.

 

“Penghafal Qur’an yang dipersiapkan jadi ulama dan ilmuwan sudah ada yang kita kirim belajar baik kedalam maupun luar negeri. Kami juga berazam anak Siak tidak hanya sekedar hafidz tetapi kedepan mampu jadi wirausahawan muslim penggerak ekonomi syariah di masa yang akan datang” sebut Alfedri.

 

Program tersebut kata dia dalam rangka mempersiapkan SDM yang ahli dibidang ekonomi syariah, menindaklanjuti telah diubahnya Bank Riau Kepri dari Bank Konvensional menjadi Bank Syariah pada tahun ini. Selain itu kedepan Pemkab Siak juga akan membentuk Koperasi dan Bumkam Syariah di kampung-kampung yang ada di Kabupaten Siak.

 

Dikesempatan yang sama Camat kerinci kanan Hasanulutfi melaporkan sejmlah program pembangunan berjalan di Kecamatan Kerinci Kanan kepada Pemimpin Siak itu beserta rombongan, diantaranya Pencanangan Gerakan Masyarakat Gerakan (Gemar) Berzakat yang akan digelar beberapa hari kedepan.

 

"Momentum Ramadhan ini adalah saat yang tepat untuk melakukan silaturahmi untuk berdialog, berkomunikasi, dengan masyarakat yang mungkin selama ini belum dapat menyampaikan aspirasi dan harapannya pada pemerintah" kata dia. 

 

Lutfi juga menghimbau masyarakat agar pada Tanggal 26 Mei 2019 mendatang turut mensukseskan Gemar Berzakat yang akan dipusatkan di Kampung Bukit Harapan Kecamatan Kerinci Kanan, agar masyarakat yang memiliki harta yang sudah cukup nisabnya untuk segera membayarkan zakat.

 

Pelaksanaan Gemar Berzakat di Kecamatan Kerinci Kanan tahun lalu berhasil mengumpulkan dana yang cukup fantastis dan melebihi target yang ditetapkan Baznas Kabupaten Siak, dengan jumlah dana zakat sebesar 209.449.000 juta rupiah.

"Harapan kita, perolehan dana zakat tahun ini di Kecamatan Kerinci Kanan meningkat" kata Lutfi.(*)

 

Editor      : Redaksi 

Sumber  : Humas Pemkab Siak 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex