Camat Minas Hendra Adi Nugraha SSTP Msi, Saat melakukan Sidak Ta'jil bersama dinkes siak dan satpol pp di Pasar Minas

Camat Dampingi Dinkes Siak Sidak Ta'jil Berbuka Puasa Di Pasar Atas Minas

Kamis, 09 Mei 2019 - 18:55:48 WIB
Share Tweet Google +

SIAK (Catatanriau.com)-  Dalam rangka mengantisipasi adanya jajanan ta'jil yang mengandung bahan kimia berbahaya, dengan di dampingi oleh Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP Msi, Dinas Kesehatan Kabupaten Siak tampak melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ta'jil berbuka puasa di Pasar Atas Kecamatan Minas. Kamis (09/05/19) Petang tadi.

 

Dengan adanya Sidak ta'jil ini, tentunya diharapkan tak ada lagi pedagang nakal yang berani menjual ta'jilnya dengan menggunakan formalin. Saat pelaksanaan Sidak, petugas tampak mengumpulkan sampel makanan untuk dikirim dan dilakukvan uji lab di Siak.

 

"Sidak ini kita lakukan guna mengantisipasi maupun menjaga, mana tau ada penjual-penjual yang menjual tidak layak, seperti menggunakan pewarna yang berbahaya, ataupun pengawet dan hal-hal zat lainnya yang dapat membahayakan terhadap masyarakat sehingga dianggap perlu untuk kita melakukan pengecekan ini, dengan bekerjasama dengan dinas Kesehatan kabupaten Siak Melalui Puskesmas Minas," Ujar Camat Hendra.

 

Dikatakan camat Hendra Terkadang memang penjual ta'jil tersebut tidak ada niat untuk melakukan hal-hal sedemikian rupa, Namun kata dia yang di khawatirkan, penjual Ta'jil membeli bahan baku untuk di olah menjadi ta'jil bahan tersebut pula yang bermasalah,  "ini dia mungkin tidak sadar, ternyata orang yang menjual bahan baku pula yang membuat masalah," Ungkapnya.

 

Namun kata camat Hendra, tidak tertutup kemungkinan bisa jadi memang niat penjualnya sendiri untuk mencari untung besar, sehingga berdampak merugikan kesehatan orang lain, oleh karena itu pihaknya bersama dinas kesehatan kabupaten Siak  melakukan sidak tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan khususnya di wilayah kecamatan Minas.

 

"Hari ini kita masih mengumpulkan sampel untuk di cek di lab Siak, kemungkinan besok sudah ada hasilnya untuk dapat kita ketahui bersama seperti apa hasilnya, jika ada di temukan nanti jajanan yang menggunakan bahan berbahaya nanti akan kita telusuri lagi untuk tindak lanjut kedepannya," Ucapnya.

 

Dalam hal ini Camat Minas juga berharap agar kiranya di kecamatan Minas tidak ada ditemui hal seperti itu, yakni jajan ta'jil yamg menggunakan bahan berbahaya, "kita juga menghimbau agar kiranya masyarakat penuh kesadaran terhadap hal-hal seperti ini, baik itu kepada penjual maupun pembeli, untuk tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya untuk kesehatan masyarakat, karena kita punya keluarga punya anak-anak masing-masing, kita bayangkan saja seandainya bagaimana kalau yang membeli makanan berbahan yang berbahaya itu adalah anak atau keluarga kita sendiri, jadi kita harpakan kesadaran masing-masing lah untuk hal ini," Imbuh Camat Hendra.(*)

 

Laporan: IdrisH 

Sumber: Redaksi

 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex