Tualang Diresmikan Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Kamis, 13 September 2018 - 20:03:56 WIB
Share Tweet Google +

 

Perawang-Siak, Catatanriau.com -  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Sumbar Riau bersama dengan Wakil Bupati Siak Drs Alfedri Msi, meresmikan Kampung Tualang sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Kamis (13/9/2018). 

Kampung Tualang, resmi diluncurkan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang merepresentasikan desa tanggap program pemerintah.

Program Desa Sadar Jaminan Sosial merupakan inovasi dari BPJS Ketenagakerjaan, untuk bekerja sama dengan aparat desa dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pekerja di desa, agar lebih memahami manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan.

"Alhamdulillah, Kampung Tualang ditunjuk sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan. Kami juga berterimakasih atas sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan Siak dan setelah mengetahui manfaatnya, alhamdulillah ternyata hanya dengan iuran belasan ribu rupiah per bulannya, kita dapat dua jaminan yaitu untuk jaminan kematian dan kecelakaan kerja. Saya juga diamanatkan sebagai perisai di Kampung Tualang," ungkap Ketua Apdesi Juprianto Ssos.Mip Kabupaten Siak ini.

Sementara itu, dalam penyampaiannya Wakil Bupati Siak Drs Alfedri Msi mengatakan bahwa Pemkab Siak sangat mendukung Kampung Tualang sebagai Prisai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan. Dimana kantor BUMKam yang telah dibangun disinergikan dengan program BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami sangat mendukung, penghulu kampung saja mendukung apalagi kami, lebih sangat mendukung kegiatan ini. Kami juga mengapresiasikan hal ini. Karena ini (BPJS TK) disinergikan dengan BUMKam (badan usaha milik kampung). Sinergi ini tentu kita apresiasi karena memang pemerintah dimasa yang akan datang menuntaskan penggunaan dana kampung. Karena dana kampung ini kedepannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa dan kesejahteraan masyarakat.

Alfedri menjelaskan, untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, dana desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia difokuskan pada hal. Pertama adalah program unggulan kawasan pedesaan. Jadi, desa tumbuh dan berkembang atas potensi yang dimilikinya.

Kedua adalah penguatan Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam). Ketiga, dana desa juga dipergunakan untuk membangun embung di desa. Keempat, adalah penyelenggaraan event olahraga desa, seperti liga desa. Menurut dia, event tersebut tidak hanya meningkatkan prestasi atlet di desa, tapi juga meningkatkan perekonomian desa

Pada acara launching, BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbar Riau menyerahkan klaim jaminan kematian kepada ahli waris peserta dan penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada ketua RT dan ketua RW sekampung Tualang.

Peresmian tersebut dihadiri langsung Kepala Cabang BPJS Provinsi Riau Mias Muctar, Kepala Cabang Kabupaten Siak, Panit I Binmas Polsek Tualang Ipda Syafrul, Sekcam Tualang Yudha Rajasa S.Stp beserta Penghulu se-Kecamatan Tualang dan Ketua RT/RK Kampung Tualang.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex